• Senin, 23 Mei 2022

Kalian Pecinta Tanaman ? Nikmati Keindahana Varietas Bunga Baru Ini Dirumah Anda

- Selasa, 10 Mei 2022 | 19:40 WIB
Bunga varietas baru Manika Agrihorti (Ciayumajakuning.id)
Bunga varietas baru Manika Agrihorti (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah merilis beberapa varietas Garbera salah satunya Manika Agrihorti.

Memiliki bentuk bunga semi ganda dengan diameter piringan bunga 1,61-1,84 cm, kesegaran bunga varietas ini tahan selama 10 hingga 14 hari sehingga menjadikannya cocok untuk bahan dekorasi atau penghias meja.

Plt. Kepala Balitbangtan Prof.(R) Fadjry Djufry, Selasa (10/5/2022) dalam keterangannya mengatakan, keunggulan varietas Manika Agrihorti memiliki warna bunga merah cerah/menyala dengan warna piringan bunga yang gelap/ungu kehitaman dan bentuk bunga semi ganda berdiameter bunga 9,4-10,1 cm.

Baca Juga: BMKG Minta Warga di Perairan Selatan Jatim Waspadai Gelombang Tinggi

Varietas ini menghasilkan anakan berjumlah 3-4 anakan pertahun. Manika Agrihorti beradaptasi baik bila dibudidayakan di daerah dataran tinggi

Sebagai tanaman hias, keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga-bunga lain seperti mawar, tulip, anyelir dan krisan. Garbera juga menjadi komoditas bunga potong yang paling populer diperdagangan di dunia.

Bunga garbera dapat diolah dan menghasilkan minyak atsiri sebagai bagan baku pembuatan minyak wangi, sabun serta produk kosmetik.

Baca Juga: Kiky Saputri : Cape Keluarga Cuma Butuh Uangnya Doang

“Varietas ini sebenarnya telah dilepas sejak tahun 2020 dengan nomor SK 047/Kpts/SR.130/D/III/2020,” terangnya.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling di Garut Hari Ini

Minggu, 10 April 2022 | 06:00 WIB
X