• Senin, 23 Mei 2022

8 Tips Agar Tetap Sehat Selama Jalankan Ibadah Puasa

- Rabu, 6 April 2022 | 03:05 WIB
Ilustrasi Ramadhan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi Ramadhan (Pixabay/mohamed_hassan)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Ramadhan merupakan bulan kesembilan menurut penanggalan kalender Hijriah yang di dalamnya umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa (saum).

Pada bulan Ramadhan pula wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Puasa Ramadhan adalah salah satu dari rukun Islam. Puasa Ramadhan akan berlangsung selama 29 – 30 hari yang dimulai dan diakhiri berdasar pada terlihatnya hilal / bulan sabit (awal Ramadhan dan awal Syawal), menurut sejumlah dalil yang ada di dalam hadis nabi.

Baca Juga: THR dan Gaji Ke 13 Aparatur Negara Akan Segera Cair, Simak Baik-Baik !

Namun saat menjalankan puasa bukan berarti mengabaikan asupan makanan serta tidak menjalankan olahraga, berikut tips untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

1. Minum 8 gelas air mineral

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi, sehingga kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka. Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa, yaitu kita perlu minum 8 gelas air mineral setiap hari. Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan sisanya yaitu 2 gelas lagi saat sahur.

Baca Juga: Mitos Kentut Batalkan Puasa. Begini Kata Buya Yahya

2. Konsumsi buah yang mengandung air

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling di Garut Hari Ini

Minggu, 10 April 2022 | 06:00 WIB
X