Melalui Dana Aspirasinya Siska Karina Berupaya Melestarikan Seni dan Budaya Cirebon

- Minggu, 5 Juni 2022 | 14:34 WIB
Siska Karina menggelar kegiatan bedah tari wayang Cirebon bertempat disanggar Kencana Ungu (Ciayumajakuning.id)
Siska Karina menggelar kegiatan bedah tari wayang Cirebon bertempat disanggar Kencana Ungu (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Dalam rangka melestarikan budaya Cirebon, secara khusus Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon Siska Karina memberikan dana aspirasinya bagi pelaksanaan kegiatan acara "Bedah Tari Wayang Cirebon" bertempat di Sanggar Kencana Ungu Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Minggu (5/6/2022).

Diketahui bila tari wayang sendiri saat ini berada pada ujung jurang kepunahan, mengingat minimnya ruang praktek bagi generasi muda.

Siska mengatakan, Kabupaten Cirebon memiliki seni budaya yang luar biasa. Oleh sebab itu, ia memberikan dana aspirasinya guna melestarikan dan mengenalkan tari wayang kepada masyarakat secara luas.

Baca Juga: Dukung Visi Indramayu Bermartabat, Bupati Nina: Keren Desa Haurgeulis

"Kami sekarang sedang membuat Perda Riparda (Rencana Induk Pariwisata Daerah) yang didalamnya terdapat pariwisata budaya, kami dari Komisi IV sangat amat mendukung dan telah memberikan dana aspirasi yang dilarikan ke dalam aspek seni dan budaya," ucapnya.

Kepeduliannya pada kelestarian budaya Cirebon, diakuinya sejak awal menjadi anggota legislatif selalu menyalurkan dana aspirasi bagi kegiatan pelestarian seni dan budaya. Dengan cara seperti itu diharapkannya bisa memberikan motivasi bagi masing-masing desa agar dapat mempertahankan seni dan budayanya.

"Setiap tahun saya selalu menyalurkan dana aspirasi untuk seni dan budaya, karena saya menginginkan setiap desa di masing-masing kecamatan bisa menampilkan seni dan budayanya," ujarnya.

Baca Juga: Hadiri Musda Ke-VIII PPNI Kuningan, Bupati Acep: Perawat Punya Peran Vital di Bidang Kesehatan

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya menuturkan, bedah tari wayang ini bertujuan untuk merekonstruksi kembali budaya yang hampir punah supaya bisa bertahan sebagai kekayaan kearifan lokal Kabupaten Cirebon.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X