• Jumat, 1 Juli 2022

Sekda Kuningan Informasikan Tour de Linggarjati 2022 Bakal Digelar

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:30 WIB
Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar (helm kuning) dikenal hobi bersepeda (kuningankab.go.id)
Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar (helm kuning) dikenal hobi bersepeda (kuningankab.go.id)


CIAYUMAJAKUNING.ID - Aksi 'Sejuta Sepeda Satu Indonesia' dalam rangka memeriahkan Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day) menyedot ratusan pesepeda turun memadati ruas jalan di Kuningan.

Mereka gowes dengan pemberangkatan dari basecamp masing-masing seperti Cirebon bahkan dari Majalengka untuk finish di Open Space Gallery, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Minggu (05/06).

Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar mengajak kepada siapapun untuk membudayakan bersepeda sebagai ikhtiar menjaga kesehatan, kebugaran dan menjalin persaudaraan.

Baca Juga: Gaya Diplomasi Jokowi Ajak PM Australia Bersepeda Yang Terbuat Dari Bambu

"Bersepeda adalah moda transportasi tanpa emisi yang tidak menimbulkan polusi udara dan suara, solusi perubahan iklim yang makin nyata. Dan bersepeda merupakan cara bergerak yang produktif dan menyehatkan," ungkap Sekda yang hobi bersepeda ini.

Kegiatan aksi serentak bersepeda hari ini, dikatakannya merupakan rangkaian dalam rangka memperingati World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Sekda Dian juga menginformasikan, bahwa untuk ajang sport tourism olahraga sepeda di Kabupaten Kuningan bertajuk "Tour de Linggarjati (TDL)" akan kembali digelar di tahun 2022.

Baca Juga: Bupati Kuningan: Dengan Bersepeda Tubuh Lebih Bugar dan Polusi Akan Pudar

TDL yang juga masuk ke dalam Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia itu merupakan event balap sepeda internasional yang sempat terhenti akibat pandemi covid-19 dan sudah digelar sejak 2019.

Dalam kegiatan Aksi Sejuta Sepeda ini, dilakukan juga Deklarasi Komunitas Sepeda yang diantaranya menyatakan jika komunitas yang terdiri dari berbagai kalangan itu akan peduli terhadap lingkungan, berkomitmen membudayakan bersepeda dalam beraktivitas sehari- hari dan berolahraga di semua sektor kehidupan. 

Serta siap berpartisipasi siaga untuk jalur bersepeda, bersinergi dengan program lingkungan langit biru, kali bersih, Kuningan tertib kelola sampah, peduli wisata, penghijauan, siap mewujudkan Kuningan resik dan menjadi pelopor budaya tertib bersepeda.

Baca Juga: Cerita Pemudik Sepeda Dari Sukabumi Tujuan Madiun, Banyak Pengalaman Menarik

Usai menggowes, selain para peserta disuguhkan hiburan dan doorprize, dalam kesempatan itu dilakukan juga penanaman pohon di lingkungan Open Space Gallery. ***

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X