• Jumat, 1 Juli 2022

Kemenag Tetapkan Sidang Isbat Penetapan Idul Adha 1443 Hijriah, Kapan?

- Senin, 20 Juni 2022 | 06:15 WIB
Persiapan ruqyatul hilal (kemenag.go.id)
Persiapan ruqyatul hilal (kemenag.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Sidang isbat penentuan awal Zulhijah, sekaligus penetapan Idul Adha 1443 Hijriah akan digelar Kementerian Agama (Kemenag), Rabu (29/06), di Jakarta.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Adib dalam keterangan tertulis menyampaikan, hal itu dilakukan sebagai bentuk layanan dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di Bulan Zulhijah.

"Pelaksanaan sidang isbat merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam," ungkap mantan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Jawa Barat (Jabar) itu, Selasa (14/06).

Baca Juga: Kemenag Akan Lakukan Sidang Isbat Menentukan Ramadhan 1443 H Pada 1 April Mendatang

Adib menilai hal itu dilakukan sebab pihaknya belajar dari sidang isbat yang pernah dilaksanakan sebelumnya, yaitu sidang isbat awal Ramadhan dan Syawal.

"Meski resonansi sidang isbat awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal," tuturnya.

Disampaikan Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Ismail Fahmi menjelaskan, sidang isbat awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap.

Baca Juga: Menjelang Idul Adha 685 Sapi di Cirebon Terjangkit PMK dan Miris Kosongnya Stok Obat

Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Skuter Listrik Permudah Jamaah Haji Lakukan Tawaf

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:54 WIB
X