• Senin, 23 Mei 2022

Pemudik Asal Jawa Tengah Diminta Mudik Lebih Awal

- Sabtu, 23 April 2022 | 20:57 WIB
Ilustrasi mudik lebaran 2022 (Instagram/@putra_kju)
Ilustrasi mudik lebaran 2022 (Instagram/@putra_kju)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (23/4/2022), memimpin rapat koordinasi kesiapan Jawa Tengah dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diimbau untuk mengingatkan warganya agar mudik lebih awal, guna menghindari kepadatan di hari puncak.

Berdasarkan hasil survey, Jawa Tengah menjadi daerah terbesar tujuan dari para pemudik yaitu sekitar 23,5 juta orang atau 28 persen dari total 85,5 juta orang yang diprediksi akan mudik pada tahun ini.

Muhadjir mengatakan, manajemen rekayasa lalu lintas menjadi salah satu aspek penting dalam melancarkan perjalanan mudik.

Baca Juga: Bendungan Sepaku Semoi Sedang Dibangun Untuk Penuhi Kebutuhan Air Baku IKN

“Tadi saya sudah lihat simulasi penanganan rekayasa lalu lintas di wilayah Jawa Tengah mulai dari yang lewat jalan tol, jalur pantura maupun jalur selatan,” jelasnya.

Untuk mengurangi beban jalan tol, ia mengimbau masyarakat juga dapat memanfaatkan jalur alternatif melalui jalur lintas selatan Jawa.

“Saya minta pemda menyiapkan berbagai kebutuhan seperti tempat rekreasi, tempat kuliner, tempat istirahat, karena para pemudik tidak hanya lewat tetapi juga ingin rekreasi,” ujarnya.

Baca Juga: Setelah Tertangkapnya Mafia, Jokowi Larang Minyak Goreng dan Bahan Bakunya di Ekspor

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengalaman Mudik Aman dan Seru Dengan Smartfren

Jumat, 13 Mei 2022 | 18:27 WIB

Pemudik Asal Jawa Tengah Diminta Mudik Lebih Awal

Sabtu, 23 April 2022 | 20:57 WIB
X