Sumbat Saluran Air, Warga Ilir Kecamatan Kandanghaur Indramayu Bersihkan Tumpukan Sampah

- Rabu, 22 Juni 2022 | 11:35 WIB
Warga Ilir gotong royong membersihkan sampah (indramayukab.go.id)
Warga Ilir gotong royong membersihkan sampah (indramayukab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Permasalahan sampah yang berpotensi menimbulkan banjir menjadi perhatian serius bagi Pemkab Indramayu seperti yang terjadi di Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

Tak hanya sampah limbah rumah tangga, plastik dan daun, namun juga tumbuh eceng gondok terlihat menumpuk di saluran Pembuang Bujang Blok Cidempet Desa Ilir.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Ilir menggalakkan pembersihan secara manual seperti di semprot dan di buang ke laut mengikuti aliran air.

Baca Juga: Warga Cirebon Antusias Ikuti Lomba Memungut Sampah

Akan tetapi banyaknya sampah yang tersangkut serta pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan saluran pembuang ini terus dipenuhi tumpukkan sampah.

Camat Kandanghaur Hatta Direja lalu memberikan motivasi serta pendampingan kepada Kuwu Ilir dalam rangka pembersihan sampah.

Ia melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu untuk membantu proses pembersihan sampah.

Baca Juga: Pasca Lebaran Penumpukan Sampah Terjadi di Kabupaten Cirebon

Dengan dibantu petugas kebersihan dari DLH, masyarakat Desa Ilir membersihkan saluran Pembuang Bujang, Senin (20/06) hingga, saluran tersebut kembali telihat bentuknya.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Jurus Agar Terhindar dari Penipuan Online

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:15 WIB

5 Tips Dosen Unusa Ajarkan Anak Usia Dini Berpuasa

Minggu, 10 April 2022 | 03:30 WIB
X