• Senin, 23 Mei 2022

Begini Cara Penuhi 8 Gelas Air Putih Saat Jalankan Puasa

- Minggu, 10 April 2022 | 04:00 WIB
Ilustrasi air minum (Pixabay/@congerdesign)
Ilustrasi air minum (Pixabay/@congerdesign)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Setiap orang memiliki kebutuhan energi, protein, lemak dan karbohidrat yang berbeda-beda. Selama 14 jam puasa, Ahli Gizi Unair Lailatul Muniroh SKM MKes mengatakan tubuh memerlukan energi sekalipun kita tidak beraktivitas. Dalam hal ini, dia menganjurkan prinsip dasar gizi seimbang agar tubuh tetap fit, tidak menjadi lelah dan melambat saat menjalani puasa.

“Pada prinsipnya kebutuhan asupan nutrisi antara orang yang berpuasa dan tidak berpuasa adalah sama, yaitu kebutuhan gizi seimbang. Prinsip dasar gizi seimbang adalah jenis dan variasi makanan cukup serta seimbang dibarengi jumlah porsi yang cukup. Di dalamnya harus ada sumber karbohidrat kompleks, protein, dilengkapi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral,” paparnya,Surabaya, Sabtu (9/4/2022).

Prinsip yang kerap digencarkan yakni ‘Isi Piringku’. Ahli Gizi itu menjelaskan makan dalam satu piring harus terdapat aneka ragam makanan.

Baca Juga: Safari Ramadhan, Pemkab Cirebon Gelar Vaksinasi Gratis Minyak Goreng

Artinya satu piring dibagi dua, setengah piring berisi dua per tiga karbohidrat kompleks, satu per tiga lauk pauk dan setengah piring lainnya adalah untuk buah dan sayur mayur.

Adapun hal yang perlu dihindari saat berbuka maupun sahur menurut Lail adalah makan yang berlebihan dan cepat. Pihaknya juga menganjurkan agar mengatur pola tidur, usahakan tidur malam lebih awal dan tidur siang 30-60 menit saja. Selain itu, sebaiknya juga tetap aktif olahraga.

“Olahraganya sederhana saja, tidak perlu dalam intensitas yang tinggi. Yah cukup seperti  berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Nah waktu idealnya bisa dilakukan sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa,” tuturnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Pemesanan Minyak Goreng Curah, Begini Mekanismenya

Setidaknya tubuh tetap bisa fit, sambungnya, minum yang cukup juga, agar terhidrasi dengan baik. Menurut dosen yang memiliki hobi kuliner itu, cara mencukupi cairan dan mengembalikan elektrolit yang hilang selama puasa itu mudah, yaitu dengan pola 2-4-2.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Dosen Unusa Ajarkan Anak Usia Dini Berpuasa

Minggu, 10 April 2022 | 03:30 WIB

Keistimewaan Solat di Bulan Ramadhan

Selasa, 8 Maret 2022 | 17:00 WIB

5 Kandungan Sakti Daun Pegagan Untuk Perawatan Kulit

Senin, 28 Februari 2022 | 06:44 WIB
X