• Jumat, 1 Juli 2022

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkab Indramayu Hidupkan Kembali Tenun Gedongan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 10:05 WIB
Pengrajin tenun gedogan (kemdikbud.go.id)
Pengrajin tenun gedogan (kemdikbud.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga (Dispara) Kabupaten Indramayu menghidupkan kembali tenun gedogan yang merupakan ciri khas dan identitas daerah setempat.

Hal itu bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Indramayu yang lebih baik melalui kreativitas adat dan kebudayaan masyarakat.

Pelatihan revitalisasi tenun gedogan dilaksanakan di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang digelar 14 Juni untuk teori dan 15 Juni untuk praktikum.

Baca Juga: Kerajinan Tenun Gadod Khas Majalengka Terancam Punah

"Tenun Gedogan Indramayu akan menjadi daya tarik untuk pariwisata dan berdampak pada perekomonian masyarakat lokal salah satu caranya dengan dilakukannya pelatihan untuk masyarakat lokal," ungkap Kepala Dispara Kabupaten Indramayu Tri Nani R, Rabu (15/06).

Pelatihan revitalisasi tenun gedogan, sambung dia, bertujuan menghidupkan dan menumbuhkan kembali tradisi dan budaya Indramayu serta menjadi daya tarik wisatawan.

“Makanya kami menggiring masyarakat Desa Juntikebon untuk belajar, karena disamping terampil menekuni tenun gedogan juga akan menumbuhkan dan membuka taraf hidup masyarakat lebih baik,” tegasnya.

Baca Juga: Ruang Pertunjukan Seni Budaya Bakal Dibuka Pemkot Cirebon di Tiap Kecamatan

Sementara itu, kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispara Indramayu mengatakan, pelatihan tenun gedogan dapat mengangkat seni dan budaya Kabupaten Indramayu.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usaha Anda Ingin 'Go Digital'? Ini Dia Tipsnya!

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:20 WIB
X