• Senin, 23 Mei 2022

Dikonsumsi Kalangan Atas, Harga Pertamax Naik Kok Demo?

- Selasa, 12 April 2022 | 16:00 WIB
Kenaikan harga minyak dunia pengaruhi kenaikan BBM RON 92 seperti pertamax (Ciayumajakuning.id)
Kenaikan harga minyak dunia pengaruhi kenaikan BBM RON 92 seperti pertamax (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Maraknya aksi unjuk rasa akibat naiknya harga pertamax dinilai kurang tepat bagi sejumlah kalangan termaauk pengamat energi.

Sebab penggunaan pertamax dianggap lebih banyak dikonsumsi masyarakat mampu sehingga dampak kenaikannya tidak terlalu signifikan.

"Meski harga Pertamax naik, dampaknya tidak signifikan. Sebab BBM tersebut lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat menengah ke atas," ujar pengamat energi Ugan Gandar, Senin (11/04/2022) di Jakarta.

Baca Juga: Buruan Pesan, Penjualan Tiket Kereta Api di Daops 3 Cirebon Hampis Habis

Kondisi politik dunia seperti Perang antara Rusia-Ukraina dinilainya menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan berkurangnya suplai bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) dan memicu kenaikan harga.

"Kalau dibandingkan dengan kenaikan harga minyak goreng yang sempat langka, dampaknya sangat berbeda. Kenaikan harga minyak goreng sangat berdampak terhadap kehidupan seluruh lapisan masyarakat,” sambungnya.

Diungkapkan Ugan, porsi penjualan Pertamax di tahun 2021 juga relatif kecil yakni hanya sekitar 13-16 persen dari total konsumsi BBM di Indonesia.Baca Juga: Cerita Gus Miftah Soal Ketertarikan Celine Evangelista Belajar Islam

"Jikalau pun ada sedikit antrean produk Pertalite itu terjadi hanya sebentar karena kondisi psikologis panic buying masyarakat," ucapnya.

Ugan yakin, konsumen akan kembali beralih ke pertamax yang mampu mennjaga kualitas mesin kendaraan untuk jangka panjang.***

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X