Wilayah Ciayumajakuning Dinilai Rawan Terorisme

- Jumat, 24 Juni 2022 | 06:05 WIB
Kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personil TNI/Polri dan instansi terkait di Kota Cirebon. (cirebonkota.go.id)
Kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personil TNI/Polri dan instansi terkait di Kota Cirebon. (cirebonkota.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Wilayah Cirebon termasuk rawan terorisme sehingga perlu ada penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri serta instansi terkait.

Demikian disampaikan Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Polisi Wawan Ridwan.

"Cirebon sebuah kota tua di Indonesia yang masyarakatnya memiliki kerukunan dan toleransi luar biasa. Namun faktanya aksi terorisme pernah terjadi," kata Wawan di Cirebon, Rabu (22/06).

Baca Juga: 32 Klub Ciayumajakuning Bakal Bertarung di Turnamen Sepak Bola Tarkam Kuwu Cup 1 2022

Wilayah Cirebon yang dimaksudnya yakni Wilayah III Cirebon yang merupakan eks-Karesidenan Cirebon.

Wilayah tersebut merupakan bagian paling timur dari wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang terdiri dari Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan yang disingkat Ciayumajakuning.

Terbukti, kata dia, dari beberapa aksi teror dan penangkapan, beberapa terduga teroris berada di daerah tersebut.

Baca Juga: 35 SMK Negeri di Jawa Barat Jadi BLUD, Perwakilan Ciayumajakuning Ada?

"Bahkan pada 2017 ada penangkapan terduga teroris berinisial IM setelah berencana melakukan penyerangan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Cakrabhuwana Cirebon," ungkap Wawan.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X