• Sabtu, 2 Juli 2022

Kunker ke Majalengka, Kemendikbud Gelar Dialog Bahas Pendidikan Guru Penggerak

- Jumat, 24 Juni 2022 | 10:25 WIB
Kadisdik Kabupaten Majalengka di kegiatan Kemendikbud. (majalengkakab.go.id)
Kadisdik Kabupaten Majalengka di kegiatan Kemendikbud. (majalengkakab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Majalengka guna mendukung dan mendorong lebih baik Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Kemendikbud yang mendelegasikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mengajak dialog Program PGP dengan melibatkan Direktorat Guru dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan Ditjen GTK Kabupaten Majalengka.

Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) Kemendikbud Santi Ambarrukmi menuturkan, Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Baca Juga: Diminta Lakukan Percepatan Pembangunan Bupati Cirebon Lantik 56 PPPK Non Guru

"Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program berlangsung guru tetap menjalankan tugasnya sebagai guru," bebernya di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka, Kecamatan Majalengka, Selasa (21/06).

Tujuan program guru penggerak bagi pendidik, kata Santi, adalah untuk meningkatkan kompetensi pendidik sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Guru Penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Buya Syafii Maarif Kader Terbaik Muhammadiyah dan Sebagai Guru Bangsa

Bupati Majalengka Karna Sobahi yang juga turut hadir mengapresiasi adanya Program PGP. Sebab hal itu menunjukkan adanya perhatian dan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X