Miris 300 Sekolah SD di Kabupaten Cirebon Dalam Keadaan Rusak

- Selasa, 21 Juni 2022 | 19:33 WIB
Ilustrasi sekolah rusak (Instagram @kristianto.purnomo)
Ilustrasi sekolah rusak (Instagram @kristianto.purnomo)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Sebanyak 300 bangunan sekolah dasar dari 920 sekolah di Kabupaten Cirebon dalam kondisi rusak baik sedang maupun berat. Hal ini buntut dari minimnya anggaran guna dilakukannya perbaikan terhadap bangunan sekolah yang mengalami kerusakan.

Seperti apa yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Heri purnama saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/6/2022).

Dikatakannya, dari jumlah total sekolah dasar yang ada di Kabupaten Cirebon terdiri dari 870 sekolah negeri dan 50 swasta.

Baca Juga: PNS Diberikan Cuti Satu Bulan Pegawai Swasta Hanya Dua Hari, Apakah RUU KIA Menjawab ?

Untuk sekolah dasar negeri diakuinya banyak mengalami kerusakan mencapai 300 sekolah dan sampai sekarang baru sekitar 30 persen sekolah yang sudah dilakukan perbaikan. Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan support baik dari pemerintah daerah, provinsi dan tingkat pusat untuk mempercepat perbaikan terhadap sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan.

"Minggu lalu kami ke pemerintah provinsi untuk meminta sejumlah bantuan, tapi pemerintah provinsi tidak akan memberikan bantuan fisik kepada sekolah karena sekolah tingkat SD merupakan bentuk pelayanan yang ditanggung oleh Pemda," ucapnya.

Maka pihaknya berencana meminta anggaran ke pemrintah pusat dan meminta kepada pihak swasta untuk bisa menyalurkan CSR nya bagi perbaikan sekolah-sekolah yang sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Jokowi: Kesuksesan Program Kartu Prakerja Berkat Platform Digital Buatan Anak Bangsa

"Bukan cuma itu, ada juga beberapa SD yang dekat dengan sungai besar sehingga kerap kali terdampak banjir maka dibutuhkan kerjasama juga dengan BBWS," tegasnya.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X