• Jumat, 1 Juli 2022

Ratusan Mangrove Ditanam Polresta Cirebon Guna Menjaga Lingkungan Pesisir

- Kamis, 16 Juni 2022 | 19:53 WIB
Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman saat melakukan penanaman mangrove di kawasan pesisir Cirebon (Ciayumajakuning.id)
Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman saat melakukan penanaman mangrove di kawasan pesisir Cirebon (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 76 yang dilaksanakan Polresta Cirebon masih berlanjut. Kali ini, jajaran Polresta Cirebon melaksanakan penanaman ribuan pohon mangrove di wilayah pesisir pantai.

Penanaman tanaman mangrove tersebut dipusatkan di Pantai Baro Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/6/2022).
 
"Penanaman mangrove ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 76. Ada 1.500 pohon mangrove yang ditanam, dan kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan ini" katanya.

Baca Juga: Pengurus DPD PPNI Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Begini Pesan Bupati Cirebon

Menurutnya, penanaman mangrove tersebut merupakan dukungan Kepolisian dalam menjaga lingkungan dan ekosistem pesisir di Kabupaten Cirebon. Selain itu, Penanaman mangrove juga dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mencegah abrasi pantai.

Ia berharap, penanaman mangrove tersebut akan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, baik itu di darat maupun lingkungan laut. Pasalnya, pohon mangrove memegang peranan penting dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Selain itu, penanaman mangrove tersebut diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai. Bahkan, berdampak pada peningkatan hasil laut sehingga meningkatkan pendapatan nelayan.

Baca Juga: Wabah PMK di Kabupaten Kuningan Kian Meluas, Warga Diimbau Selektif Konsumsi Daging

"Penanaman pohon mangrove ini juga tidak hanya mencegah abrasi, tetapi sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir, karena dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata," ujarnya. ***

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X