Polresta Cirebon Laksanakan Operasi Patuh Lodaya, Ini Sasarannya

- Selasa, 14 Juni 2022 | 17:52 WIB
Petugas Satlantas Polresta Cirebon saat menindak pengendara yang menggunakan knalpot bising. (Ciayumajakuning.id)
Petugas Satlantas Polresta Cirebon saat menindak pengendara yang menggunakan knalpot bising. (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Jajaran Polresta Cirebon melaksanakan Operasi Patuh Lodaya 2022 mulai hari ini. Operasi tersebut bertujuan mewujudkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (kamseltibcar) dalam berlalu lintas di Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, tujuan Operasi Patuh Lodaya 2022 adalah meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dan menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

"Outputnya adalah terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman, meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, berkurangnya jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas serta menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan," katanya Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Bawaslu Kota Cirebon Sudah Pukul Kentong Sebagai Tanda Mulainya Tahapan Pemilu 2024

Ia mengatakan, operasi tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 - 26 Juni 2022. Pihaknya memastikan Operasi Patuh Lodaya 2022 akan mengedepankan upaya preemtif, preventif, dan sikap-sikap humanis.

Adapun terdapat tujuh jenis pelanggaran berlalu lintas yang menjadi sasaran utama Operasi Patuh Lodaya 2022 di Kabupaten Cirebon. Di antaranya, pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara dan pengemudi yang masih dibawah umur.

Selain itu, sasaran lainnya adalah pengemudi kendaraan bermotor yang berboncengan lebih satu orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Dua Publik Figur Ini Hadiri Lomba Mancing di Indramayu

"Pengemudi dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus, dan pengemudi yang melebihi batas kecepatan juga menjadi sasaran dalam Operasi Patuh Lodaya 2022," ujarnya.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X