Sebanyak 53 Perumahan Sudah Diserahkan Kepada Pemkan Cirebon

- Senin, 6 Juni 2022 | 22:01 WIB
Ilustrasi perumahan di Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)
Ilustrasi perumahan di Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon menyarankan agar semua developer perumahan yang telah menyelesaikan tahap pembangunan agar segera menyerahkan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU).

"Tadi baru mendengarkan ekspose dari mereka (developer). Mungkin hari kamis nanti kita ke lapangan," ujar Kepala Bidang Perumahan pada DPKPP Kabupaten Cirebon, Asep Djamaluddin Malik, Senin (6/6/2022).

Menurutnya, setiap tahunnya tidak menentu berapa developer perumahan yang menyerahkan PSU kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon. Namun pihaknya mengharapkan agar setiap developer perumahan setelah menyelesaikan tahap pembangunan agar menyerahkan PSU-nya.

Baca Juga: Libas Geng Motor Polresta Cirebon Tunjukan Perawakannya yang Sering Meresahkan

"Kalau diserahkan ke kami (Pemda) itu akan menjadi aset kita dan kita bisa melakukan pemeliharaan. Tahun kemarin, total sampai sekarang ada 53 perumahan dari 498 perumahan se-Kabupaten Cirebon," terang Asep.

Masih dikatakan Asep, ketika PSU di perumahan rusak aku dia, pihaknya belum bisa melakukan pemeliharaan, kecuali 100 persen sudah menjadi milik Pemda. Bagi yang belum, walaupun serusak apapun pihaknya belum boleh melakukan pemeliharaan karena belum jadi aset Pemda.

"Jika ada kasus perumahan itu sudah ditinggalkan developer nya. Nah sekarang kita sedang buat Perbup-nya, tapi memang masih dalam proses. Hanya nanti ketika sudah selesai, mudah-mudahan bisa mengakomodir kasus seperti itu. Bisa diserahkan menjadi aset Pemda," bebernya.

Baca Juga: Gaya Diplomasi Jokowi Ajak PM Australia Bersepeda Yang Terbuat Dari Bambu

Tahun kemarin, ditambahkan Asep, dari 53 perumahan yang sudah diserahkan PSU-nya kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon, hanya 33 perumahan yang telah mendapatkan penanganan treatment.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X