Car Free Day Kuningan Dibuka Kembali, Bupati Acep: Tetap Jaga Prokes!

- Selasa, 7 Juni 2022 | 11:15 WIB
Bupati Acep saat CFD memberikan sambutan di depan Pendopo Kabupaten Kuningan. (kuningankab.go.id)
Bupati Acep saat CFD memberikan sambutan di depan Pendopo Kabupaten Kuningan. (kuningankab.go.id)


CIAYUMAJAKUNING.ID - Sempat terhenti sekitar 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Pemkab Kuningan akhirnya membuka kembali Car Free Day (CFD).

Kali ini hiburan rakyat itu dipusatkan mulai dari Bundaran Cijoho hingga sepanjang Jalan Siliwangi sampai Taman Kota.

Antusiasme cukup tinggi dirasakan warga dan pedagang di CFD kali ini dengan disibukan berbagai aktivitas di pagi hari seperti senam pagi, bersepeda atau sekedar mencicipi kuliner khas Kuningan.

Baca Juga: Libur Waisak Jumlah Penumpang Kembali Melonjak, PT KAI Daop 3 Cirebon Himbau Tetap Taati Prokes

Kegiatan CFD itu kembali dilaksanakan usai Bupati Kuningan Acep Purnama mengumumkannya di Jalan Siliwangi depan Pendopo Kabupaten Kuningan

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep didampingi juga oleh segenap pejabat Forkopimda, para Kepala OPD dan beserta jajaran lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Acep mengatakan, setelah melewati masa pandemi selama 2 tahun berkat perjuangan bersama akhirnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan terus menurun.

Baca Juga: Bupati Kuningan: Dengan Bersepeda Tubuh Lebih Bugar dan Polusi Akan Pudar

"Dengan segala keterbatasan, alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT serta doa, ikhtiar perjuangan dan ketegaran kita bersama, bersatu padu melawan Covid-19 akhirnya membuahkan hasil yang tidak sia-sia dan kita rasakan sampai sekarang ini," ujarnya, Minggu (06/06) pagi.

Semakin hari semakin menurunnya kasus terpaparnya covid-19 di Kabupaten Kuningan, sambung dia, membuat saat ini Kabupaten Kuningan berada pada kriteria Level 1 yang telah ditetapkan dalam instruksi menteri dalam negeri (inmendagri).

Dijelaskan Bupati Acep, kriteria Level 1 artinya kegiatan masyarakat baik di pusat perbelanjaan, rumah makan, warung, tempat ibadah, pusat kebugaran, dan fasilitas umum lainnya dapat dilaksanakan dengan kapasitas 100%.

Baca Juga: Hadiri Musda Ke-VIII PPNI Kuningan, Bupati Acep: Perawat Punya Peran Vital di Bidang Kesehatan

"Namun dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan. Begitu pula dengan kegiatan Car Free Day ini," imbuhnya.

Menurutnya, CFD adalah suatu momentum yang memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan daerah, khususnya Kabupaten Kuningan.

“Banyak dampak positif dari CFD ini. Diantaranya bagi wisata, peningkatan UMKM, interaksi sosial, hingga peningkatan PAD Kuningan pasca pandemi,” kata dia.

Baca Juga: Catat Ini Rangkaian Acara Dies Natalies Uniku Ke 19

Bupati Acep berpesan tiga hal terkait dibukanya kembali CFD, yakni yang pertama, agar CFD dimanfaatkan sebagai ruang publik untuk melakukan berbagai kegiatan positif seperti olahraga, usaha/dagang, berkesenian, hiburan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

"Kedua, kepada warga yang melakukan CFD agar tetap menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga fasilitas umum," terang dia.

Dan yang ketiga, lanjut Bupati Acep, kepada seluruh aparatur yang bertugas dalam mengamankan, membantu dan menjaga ketertiban serta kelancaran pelaksanaan CFD ia mengucapkan selamat bertugas kembali. ***

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X