• Jumat, 1 Juli 2022

Tangkal Penyebaran Kusta, Dinkes Kabupaten Indramayu Gelar Sosialiasi

- Minggu, 22 Mei 2022 | 10:10 WIB
Guna menangkal penyakit kusta perlu adanya kerjasama yang nyata dan solid melalui program yang disepakati bersama. (indramayukab.go.id)
Guna menangkal penyakit kusta perlu adanya kerjasama yang nyata dan solid melalui program yang disepakati bersama. (indramayukab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Sebagai upaya menangkal penyebaran penyakit kusta, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Dinkes Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengadakan Sosialisasi Program Eleminasi Penyakit Kusta melalui Kemoprofilaksis dan Pelibatan Masyarakat (PEPCOM).

Kemoprofilaksis adalah pemberian obat pada kontak Penderita Kusta untuk mencegah penularan Kusta.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu, Kamis (19/05) itu bermaterikan pengertian dan pemahaman terkait penyakit kusta kepada masyarakat mengingat Indramayu tercatat sebagai daerah endemis penyakit kusta di Jabar.

Baca Juga: Mulai Muncul Hepatitis Tanpa Sebab Dinkes Minta Masyarakat Perhatikan Kebersihan

Menurut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Maman Kostaman mengatakan, untuk menangkal penyakit kusta perlu adanya kerjasama yang nyata dan solid melalui program yang disepakati bersama.

“Dalam penanganan penyakit kusta ini harus dibuatkan program yang nyata untuk mengurangi dan mengeliminasi penyakit kusta dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui peran pemerintah desa dan Puskesmas di wilayah masing-masing,” katanya.

Melalui skema yang konkrit dan upaya kolaborasi dengan stakeholder yang ada, Maman optimis penularan penyakit kusta di wilayahnya bisa dicegah sedini mungkin.

Baca Juga: Dinkes Kabupaten Cirebon Buka Layanan Vaksin Gratis di 12 Titik Selama Mudik Lebaran

Sementara itu, Plt. Kadinkes Indramayu Wawan Ridwan menuturkan program kerjasama ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menangani penyakit kusta di Indramayu dan perlu diantisipasi bersama.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X