• Sabtu, 2 Juli 2022

Tingkatkan Pengawasan Keuangan Desa, Inspektorat Kabupaten Indramayu Gelar Bimtek

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:45 WIB
Suasana kegiatan Bimtek Siswaskeudes yang digelar di Aula Inspektorat Kabupaten Indramayu. (indramayukab.go.id)
Suasana kegiatan Bimtek Siswaskeudes yang digelar di Aula Inspektorat Kabupaten Indramayu. (indramayukab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.IDInspektorat Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan dan Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes). Hal itu bertujuan guna mewujudkan salah satu visi Indramayu Bermartabat yaitu "bersih”.

Kegiatan Bimtek yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Jabatan Fungsional Auditor (JFA) tersebut berlangsung dari tanggal 17-20 Mei bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Indramayu dengan menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya aplikasi Siswaskeudes diharapkan dapat membantu para auditor dalam melakukan Pengawasan terhadap Keuangan Desa terutama kondisi JFA di Inspektorat Kabupaten Indramayu yang saat ini mengalami kekurangan personil yakni hanya berjumlah 32 orang.

Baca Juga: Siap-Siap Desa Yang Belum Capai PBB Akan Diperiksa Inspektorat

Idealnya, berdasarkan Surat Kepala BPKP Nomor S-19/K/JF/2022 per tanggal 10 Januari 2022 Hal : Rekomendasi Kebutuhan JFA pada Inspektorat Kabupaten Indramayu yaitu sebanyak 85 orang.

Dalam upaya memudahkan pengawasan pengelolaan keuangan desa, aplikasi Siswaskeudes ini juga akan diintegrasikan dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang sudah berjalan selama ini.

“Aplikasi Siswaskeudes ini akan di bridging system (diintegrasikan) dengan Siskeudes yang telah ada selama ini. Dengan harapan akan memudahkan pelaksanaan pengawasan keuangan desa," ungkap Inspektur Kabupaten Indramayu Ari Risdianto, Kamis (18/05).

Baca Juga: Ini Pesan Bupati Indramayu Nina Agustina di Peringatan HUT Ke-41 Kecamatan Bongas

Sehingga, lanjut dia, tugas pokok fungsi inspektorat sebagai early warning system dan quality assurance sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dapat optimal.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X