• Jumat, 1 Juli 2022

Tingkatkan Layanan Informasi Publik, Bawaslu Kabupaten Kuningan Gelar RDK

- Jumat, 20 Mei 2022 | 10:10 WIB
Bawaslu Kuningan gelar kegiatan Rapat Dalam Kantor (RDK) di ruang sekretariat. (kuningankab.go.id)
Bawaslu Kuningan gelar kegiatan Rapat Dalam Kantor (RDK) di ruang sekretariat. (kuningankab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memberikan layanan informasi publik, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan melakukan Rapat Dalam Kantor (RDK).

Rapat yang melibatkan seluruh pegawai dan jajarannya itu turut menghadirkan narasumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah.

Diterangkan Wahyu, informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim dan diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara yang melibatkan kepentingan publik.

Baca Juga: Tanda Pemilu 2024 Tak Ditunda, Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

Badan publik yang dimaksud Wahyu yaitu lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan organisasi non pemerintah yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara.

Selanjutnya pemohon informasi publik, yakni warga negara atau badan hukum dapat mengajukan permintaan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU).

Pengelolaan informasi publik sendiri telah diatur sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Baca Juga: Bawaslu Yakinkan Pemilu 2024 Tetap Sesuai Jadwal

Untuk itu, imbuh Wahyu, maka perlu dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada setiap badan publik yang berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X