• Jumat, 1 Juli 2022

Warga Kuningan Kini Bisa Atasi Permasalahan Hukum Tanpa Proses Sidang, Begini Caranya!

- Kamis, 19 Mei 2022 | 12:40 WIB
Kajari Kuningan Dudi Mulyakusumah memberikan sambutan saat meresmikan Rumah Restorasi Justice. (kuningankab.go.id)
Kajari Kuningan Dudi Mulyakusumah memberikan sambutan saat meresmikan Rumah Restorasi Justice. (kuningankab.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Guna menangani berbagai permasalahan hukum, baik tindak pidana umum maupun perdata kini warga Kabupaten Kuningan bisa memanfaatkan layanan hukum dari Rumah Restorative Justice tanpa harus melalui tahap proses persidangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuningan Dudi Mulyakusumah saat meresmikan Rumah Restorasi Justice “Tandes” yang ditandai dengan pengguntingan pita, di Desa Cilimus, Kecamatan Cilimus, Rabu (18/05).

Dijelaskan Dudi, Rumah Restorative Justice merupakan buah pikiran untuk menghidupkan kembali nilai-nilai yang ada di masyarakat mengenai musyawarah dengan mengedepankan kebiasaan berkomunikasi dan meningkatkan kepekaan terhadap kearifan lokal.

Baca Juga: Pengadilan Negeri Kuningan Jadi Laboratorim Hukum bagi Fakultas Hukum Uniku

“Setelah berbagai kajian dan koordinasi, maka telah sampailah kami pada tahapan Rumah Restorative Justice di Desa Cilimus yang kami beri nama ‘Tandes’, memiliki arti menerangkan dengan pasti. Semoga dengan pemberian nama itu, kami pihak kejaksaan dalam hal ini Kejaksaan Negeri Kuningan dapat memberikan hati dan warna bagi masyarakat Kabupaten Kuningan,” ungkap Dudi dalam sambutannya.

Ditambahkan Dudi, Rumah Restorative Justice merupakan rumah seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dengan prosedur yang ada sekaligus sebagai upaya pihaknya dalam mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Kami berharap hal yang baik, agar Kejakasaan Negri Kuningan dapat selalu hadir dan memberikan yang terbaik baik warga Kuningan, khususnya Kecamatan Cilimus,” imbuhnya.

Baca Juga: Kabupaten Kuningan Tetapkan Batas Desa dan Kelurahan Berbasis Peta

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kuningan Budi Alimudin yang hadir mewakili Bupati, menyampaikan apresiasinya sebab Rumah Restorative Justice merupakan program prioritas nasional.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X