• Sabtu, 2 Juli 2022

Antisipasi Wabah PMK, Cek Poin Akan Diterapkan Pada Akses Masuk Kabupaten Cirebon

- Rabu, 18 Mei 2022 | 20:25 WIB
Ilustrasi sapi. (Irpan Wahab Muslim.)
Ilustrasi sapi. (Irpan Wahab Muslim.)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Mengantisipasi masuknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Dalam waktu dekat Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon akam mendirikan cek poin di sejumlah akses masuk daerah.

Hal tersebut dilakukan untuk pengawasan distribusi hewan ternak dari luar daerah sebagai upaya antisipatif dini masuknya PMK di Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas mengatakan, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak jenis sapi, kambing, hingga kerbau masih mewabah.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Cuma 20 Ribu, Berikut Sederet Fakta Kekayaannya!

"Cek poin akan didirikan dengan koordinasi bersama kepolisian, dinas perhubungan, dan beberapa pihak lainnya. Sasaran utama dari wilayah Jawa Timur," kata Asep saat ditemui di kantornya, Rabu (18/5/2022).

Dalam upaya pencegahan PMK pada hewan ternak, Dinas Pertanian dalam sepekan terakhir ini melakukan pengecekan ke sejumlah peternakan di Kabupaten Cirebon.

Dalam pengecekan tersebut, sebanyak 51.775 hewan ternak dalam kondisi bebas PMK dan dinyatakan sehat.

Baca Juga: Bupati Cirebon Minta Jajarannya Lebih Intens Berkoordinasi dengan Dirinya

Asep mengimbau, kepada seluruh peternak hewan di Kabupaten Cirebon untuk menghentikan penerimaan dari wilayah kasus PMK dan segera melaporkan bila ditemukan gejala.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X