• Senin, 23 Mei 2022

Kesejahteraan Tak Terjamin TKKD Oncog DPRD Kabupaten Cirebon

- Rabu, 11 Mei 2022 | 14:39 WIB
Audiensi TKKD dengan Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)
Audiensi TKKD dengan Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Ratusan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TKKD) Pemkab Cirebon mengeluh. Hal itu berkaitan dengan kecilnya upah dan minimnya kesejahteraan. Keluhan tersebut disampikan perwakilan TKKD dihadapan ketua komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (11/5/2022).

Perwakilan TKKD, Taslam mengatakan, mereka sudah mengabdi selama belasan tahun. Sementara saat ini rata-rata usia mereka sudah diatas 35 tahun. Artinya, sangat kecil kemungkinan diangkat ASN. Untuk itu, mereka meminta upah mereka dinaikan minimal sama dengan UMK Kabupaten Cirebon. Sementara jumlah TKKD sendiri saat ini berjumlah 154 orang.

"Karena keterbatasan usia kami yang rata rata diatas 35 tahun, kami minta upah disamakan dengan UMK. Juga ada tunjangan kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan," ungkap Taslam.

Baca Juga: Catat Berikut Sayarat dan Waktu Untuk PPDB di Kota Cirebon Tahun 2022

Dirinyapun mengeluhkan, sampai saat ini tidak ada sama sekali perhatian dan reward kepada mereka dari Pemkab Cirebon. Padahal, dengan masa kerja yang sudah belasan tahun, harusnya ketika mereka selesai mengabdi, Pemkab Cirebon bisa memberikan pesangon atau minimal uang kadeudeuh.

"Kalau ada yang meninggal dunia juga tidak ada uang duka dari Pemda. Selama kami mengabdi, perhatian Pemda sangat minim," ungkapnya.

Sementara itu, Sekban BKPSDM Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengaku, sampai saat inipun pihaknya masih kebingungan dengan regulasi TKKD. Malahan informasi yang beredar menyebutkan, pemerintah justru akan mengurangi TKKD dan selesai pada tahun 2023.

Baca Juga: Libur Lebaran Dongkrak Kunjungan Pariwisata Kota Cirebon

"Kalau ada tuntutan skala prioritas dan kesejahteraan mungkin kita menunggu regulasi masalah TKKD," jelasnya.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X