• Senin, 23 Mei 2022

Jelang Lebaran Khofifah Imbau Warga Waspadai Penipuan Berkedok Shodaqoh

- Minggu, 24 April 2022 | 15:48 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan jembatan pelangi di Kabupaten Malang. (Kominfo.jatim.go.id)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan jembatan pelangi di Kabupaten Malang. (Kominfo.jatim.go.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan pada kasus penipuan yang saat ini marak terjadi khususnya jelang lebaran.

Pasalnya, belakangan di bulan Ramadhan dan mendekati lebaran penipuan berkedok shodaqoh dan amal kerap kali terjadi di kalangan masyarakat.

Bahkan di bulan puasa ini ada oknum yang mengatasnamakan nama Khofifah yang mirip dengan nama Gubernur Jawa Timur dalam melakukan upaya penipuan dengan modus meminta sumbangan untuk disalurkan ke TPQ dan Panti Asuhan.

Baca Juga: Kendaraan Pemudik Sudah Mulai Turun Gunung, Jalur Pantura Cirebon Dipenuhi Roda Dua

"Karena mengatasnamakan amal dan shodaqoh, kadang masyarakat turut tergoda melakukannya (transfer). Karenanya kita semua harus hati-hati dalam menanggapi pesan digital," ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (22/4/2022).

Melihat kondisi tersebut, Khofifah juga meminta masyarakat untuk aktif membaca terkait upaya-upaya pendukung yang bisa mengatasi kasus penipuan.

Ia pun berbagi tips untuk menghindarkan masyarakat dari kasus penipuan. Salah satunya adalah dengan melakukan cek nomor telepon seseorang yang diduga akan atau sedang melakukan penipuan.

Baca Juga: Pemudik Asal Jawa Tengah Diminta Mudik Lebih Awal

"Saat ini mudah bagi masyarakat untuk mengecek nomor telepon tersebut apakah bisa terpercaya atau tidak. Bisa dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara cuma-cuma di smartphone masing-masing," ujar Khofifah.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X