• Senin, 23 Mei 2022

Kegigihan Kepala Desa Kecomberan Peternakan Jadi Penopang Ekonomi Warga

- Sabtu, 23 April 2022 | 19:48 WIB
Ternak puyuh di Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)
Ternak puyuh di Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon (Ciayumajakuning.id)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Setiap desa pasti memiliki cara masing-masing untuk mengembangkan derajat perekonomian masyarakatnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kepala Desa Kecomberan Mastur, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Melihat dari potensi peternakan yang ada di desanya, ia memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi tersebut dengan cara memberikan pinjaman lahan milik desa agar masyarakat bisa melakukan aktifitas beternak disatu lahan.

"Melihat banyaknya masyarakat yang beternak seperti kambing, ikan dan unggas jadi saya berinisiatif mengumpulkan di satu tempat," ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Desa Islam dan Legenda Mbah Bangkul Surabaya

Ide itu muncul dijelaskannya, setelah melihat kondisi kandang hewan ternak yang berada di tengah pemukiman warga. Hal itu dinilainya akan merugikan masyarakat lainnya akibat bau yang tidak sedap yang disebabkan oleh kotoran hewan ternak.

"Jadi kami pemerintah desa menyediakan lahan untuk beternak warga supaya tersentralisasi di satu titik," ungkapnya.

Bahkan bukan hanya itu, langkah ini juga diakuinya mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sehingga berdampak domino ketertarikan bagi masyarakat yang sebelumnya tidak beternak.

Baca Juga: Segera Daftar ! Stasiun Prujakan Sediakan Angkut Motor Gratis

"Setelah melihat warga yang ternak kambing, bebek dan ikan disatu lahan ini, akhirnya warga yang lainnya ikut juga untuk beternak di lahan ini," paparnya.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X