• Senin, 23 Mei 2022

Peringati Hari Kartini, Perempuan Dinilai Mampu Mengisi Kekurangan Laki-Laki

- Jumat, 22 April 2022 | 16:41 WIB
Webinar memperingati hari kartini (Tangkapan Layar)
Webinar memperingati hari kartini (Tangkapan Layar)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Gunungjati Moot Court Community (Peradilan Semu Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon) menggelar Webinar dengan mengangkat tema
”Mengimplementasikan Kesetaraan Gender di Ranah Pekerja Profesional”.

Hadir sebagai pembicara Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina SH MH. Nampak para peserta baik mahasiswa Fakultas Hukum UGJ maupun umum antusias mengikuti Webinar tersebut dengan beragam pertanyaan kepada para narasumber.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina SH MH menjelaskan, bahwa kesetaraan gender (genderquality) merupakan konsep yang dikembangkan dengan mengacu Deklarasi Universal HAM dan konvensi penghapusan segala bentuk disriminasi pada perempuan.

Baca Juga: Satreskrim Polresta Cirebon Ungkap 3 Kasus Tindak Pidana, 10 Tersangka Diamankan

Hari Kartini, kata Siska, jangan hanya sekedar dianggap peringatan serta formalitas semata, sehingga belum jadi wajah refleksi untuk memperjuangkan hak yang sama.

"Perempuan ini tidak dibatasi oleh dunia luar, perempuan bukan menggantikan peran laki-laki. Perempuan dan laki-laki itu hidup berdampingan dan sejajar," ungkap Ketua AMPG Kabupaten Cirebon ini.

Dalam kesempatan tersebut, Siska juga berharap perempuan dapat melindungi dirinya sendiri, memberikan aspirasi dan perempuan harus berani bertindak.

Baca Juga: Forjakon Majalengka Sesalkan Pengadaan Langsung Pemkab Belum Transparan

"Perempuan harus mempunyai skill percaya diri dan adanya pengoptimalan terhadap diri. Tentu, perempuan harus berani bertindak dan kita saling memperjuangkan aspirasi," papar Siska.

Halaman:

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Terkini

X