• Senin, 23 Mei 2022

Kerap Dijadikan Lokasi Syuting, Begini Sejarah Berdirinya PG Tersana Baru Babakan Cirebon

- Minggu, 17 April 2022 | 17:47 WIB
Pabrik Gula Tersana Baru Cirebon (Instagram @dr5.stories)
Pabrik Gula Tersana Baru Cirebon (Instagram @dr5.stories)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Pabrik Gula Tersana Baru adalah salah satu pabrik gula tertua di Indonesia. Pabrik tersebut dikenal angker sehingga beberapa program televisi sempat menjadikannya sebagai lokasi syuting.

Bahkan beberapa bagian kompleks perumahan yang ada di dalam pabrik yang kini berada dibawah naungan PT Rajawali itu sempat dijadikan lokasi syuting film horor di layar lebar. Luna Maya dan Prilly Latuconsina tercatat pernah mengunjunginya.

PG Tersana Baru terletak di Desa Babakan Gebang, Kecamatan Babakan, Cirebon. Jika dari jalur pantura tepat di Pasar lkan Gebang belok ke arah selatan menuju Kuningan. Berjarak sekitar 3,5 km sepanjang Jalan Pangeran Sutajaya akan ditemukan sebuah bangunan pabrik tua nan megah sebelah kiri jalan.

Baca Juga: Berikut Jadwal Buka Puasa Ramadhan Hari Ini 17 April 2022

Lalu, bagaimana sejarah berdirinya PG Tersana Baru yang dikenal angker sehingga mampu menjadi daya tarik sejumlah rumah produksi untuk dijadikan lokasi syuting? Berikut ulasannya.

Dilansir dari laman channel youtube Sejarah Kita Doeloe, berdirinya PG Tersana Baru tidak lepas dari peran keluarga Gonsalves. Adalah Louis Theodore Gonsalves lahir 16 Maret 1828 di Batavia adalah anak ketiga dari JoSeph Maria Gonsalves yang mewarisi usaha industri gula orangtuanya. Joseph Maria sendiri adalah warga negara Belanda kelahiran India, 10 Januari 1798.

Dengan modal pinjaman dari Nederlandsch Handeel Maatschapij (NHM), Louis Theodore mendirikan pabrik gula di wilayah Lemahabang Kecamatan Tanjung, Brebes dan merupakan cikal bakal PG Kersana di Ketanggungan Barat.

Baca Juga: Untuk Jamin Kenyamanan Pemudik Wakapolda Jabar Cek Kesiapan Rest Area di Wilayah Cirebon

Tahun 1893 Louis Theodore lalu menjalin kerjasama dengan NHM. Selama bekerjasama, pihak NHM merasa bahwa hutang Louis Theodore kian membesar dan ada kemungkinan tidak akan mampu dibayar. Di tahun 1898 dibentuklah "NV. Cultuur Maatschappij Tersana", yang berkedudukan di Batavia.

Halaman:

Editor: Noer Panji Prayitno

Tags

Terkini

X