• Senin, 23 Mei 2022

Rupbasan Kelas I Cirebon Sosialisasikan Pengenalan Tugas dan Fungsinya Kepada Mahasiswa Fakultas Hukum UMC

- Minggu, 17 April 2022 | 03:40 WIB
Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyo Assyfa saat menjadi narasumber dalam acara kajian dan buka bersama di FH UMC (Instagram/@rupbasancirebon)
Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyo Assyfa saat menjadi narasumber dalam acara kajian dan buka bersama di FH UMC (Instagram/@rupbasancirebon)

CIAYUMAJAKUNING.ID - Kepala Rumah Simpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Cirebon , Fajar Nurcahyo Assyfa terus lakukan sosialisasi dalam upaya pengenalan tugas dan fungsi lembaga di bawah naungan Ditjenpas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ini.

Seperti yang dilakukannya saat menjadi narasumber dalam acara kajian dan buka puasa bersama Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) serta santunan anak yatim piatu bertempat di Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (16/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Fajar menjelaskan terdapat ada tiga jenis putusan pengadilan terkait barang bukti yang menjadi objek tindak pidana. Pertama, barang bukti dirampas negara, dimusnahkan, dan dikembalikan kepada pemiliknya.

Baca Juga: Jawab Keresahan Soal Sampah, MIS Foundation Launching Pilot Project Desa Bebas Sampah

"Jadi intinya Rupbasan sebagai tempat penitipan barang atas sitaan oleh negara untuk keperluan proses peradilan maupun putusan pengadilan," paparnya.

Oleh karena itu, sosialisasi ini dinilainya sangat penting dilakukan agar masyarakat luas mengetahui lebih jauh soal fungsi dan tugas Rupbasan Kelas I Cirebon.

"Dengan cara seperti ini mahasiswa dan masyarakat luas mengatahui soal tugas dan fungsi Rupbasan," ujarnya.

Baca Juga: Meski Belum Dapat Dukungan Pemkot Cirebon Karang Taruna Bertekad Terus Lakukan Kerja Sosial

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UMC Elya Kusuma Dewi mengungkapkan dengan adanya sosialisasi semacam ini sangat diperlukan bagi mahasiswa sebagai pengenalan leboh jauh dari fungsi-fungsi lembaga di bawah Kemenkumham.

Bahkan bukan hanya itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuat MOu dengan Rupbasan Kelas I Cirebon dalam rangka pengimplementasian Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa FH UMC.

"Dengan ini kami akan segera menyusun MOu dengan Rupbasan Cirebon supaya mahasiswa bisa PKL disana," pungkasnya. ***

Editor: Devteo Mahardika Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X